Pernak pernik Bayi baru Lahir

Apa aja sih yang harus disiapkan untuk bayi yang baru lahir ?

 

Baju dan aksesoris

  1. Baju tangan panjang
  2. Baju tangan pendek
  3. Popok  —-   Kepakenya sih cuman bentar,paling lama sebulan. Tp mesti nyetok banyak, apalagi musim ujan, karena bayi baru lahir tuh pipisnya bisa sampe belasan kali, belon pupnya juga kadang bisa sampe 6 – 10 kali. Jadi kan musti nyetok banyak. Kecuali mau pake pampers, ga usah nyetok popok langsung aja celana panjang.
  4. BedongKalo jaman sekarang sih dah ga dibolehin, karena bisa menghambat perkembangan gerakan bayi. Tapi orang2 jaman dulu, apalagi di Indonesia, masih suka buat karena katanya supaya tangan dan kakinya lurus, padahal orang2 di Amrik dan Eropa sana pada ga pake yang bedong lurus juga tangan dan kakinya kan. Bedong boleh dipake untuk menghangatkan bayi yang baru lahir sampe sekitar 2 mingguan. Itu pun jangan kenceng2 dan pake iket2 segala.
  5. Celana panjang bayi
  6. Celana panjang bayi dengan tutup kaki —- Berdasarkan pengalaman sih kalo pake yang tipe ini ga tahan lama, karena bayi kan cepet ninggiin, cepet ga muat. Dan juga suka nendang2 jadinya suka melorot ke bawah.
  7. Celana pop —- Untuk bayi baru lahir sih belon, ini baru bisa dipake mulai umur 2 atau 3 bulan
  8. Singlet bayi
  9. Sarung tangan dan kaos kaki
  10. Topi
  11. Selimut bayi
  12. Waslap
  13. Jaket
  14. Handuk bayi —– Handuk bayi biasanya lebih lembut daripada handuk orang dewasa.
  15. Slaber
  16. Gurita bayi —- Ini juga jaman sekarang mah da ga boleh sama DSA2, bisa mengganggu pernafasan dan perut bayi.
  17. Perlak besar dan kecil
  18. Tatakan ompol —– Untuk alas ompol jadi kalo pipis ga sampe banjir basah ke mana2 meski dah pake perlak. Ini pake kain biasa aja yang banyak menyerap air.
  19. Tas bayi —– Ini sih perlu ga perlu, secara dari pengalaman mah pasti banyak yang ngasih J Lagian kalo ga sering2 pergi ya ga perlu
  20. Tempat bedak + spon —– Bedak ga boleh lagi dipakein di bayi terutama bagian alat kelamin sama lipetan2, karena di Indo kan tingkat kelembabannya tinggi, jadi bayi keringetan terus, kulitnya ga pernah kering. Apalagi kalo untuk bercampur keringat malah jadi sumber tempat tinggalnya kuman yang bisa menyebabkan penyakit kulit seperti nanah dan lain-lain. Kalo mau pake bedak di muka aja biar wangi, itu juga harus pake spons bedak yang kaya bedak untuk muka kita. Jangan pake yang model puff karena ntar bedaknya ke mana2 dan bisa kehirup bayi kita., kan bahaya tuh.
  21. Tempat kapas
  22. Kapas bulet2
  23. Cotton bud
  24. Minyak telon
  25. Baby oil
  26. Sisir bayi
  27. Bak mandi bayi
  28. Pemotong kuku bayi
  29. Sabun + shampoo
  30. Bantal kecil yang ada tatakan kepalanya —- Ini buat supaya bentuk kepalanya bagus dan nahan dia supaya tidurnya lurus, karena kalo miring ntar bentuk kepalanya jadi tidak simetris alias peang sebelah.

 Yang lainnya :

  1. Sterilizer —– Untuk men sterilkan botol. Bisa juga pake cara tradisional dengan cara merebus dengan air mendidih.
  2. Alat pompa ASI —– Buat ibu bekerja yang mau mompa ASI. Ada macem modelnya, ada yang manual, semi manual, sama otomatis. Tergantung kenyamanan masing2.           
  3. Penghangat susu —– Ini juga bisa dengan cara tradisional, direndam dengan air hangat. Cuman memang agak lebih lama.
  4. Breast pad —– Perlu untuk ibu menyusui yang bekerja, biar ga netes ke mana2..kan malu kalo mau meeting tp basah bajunya bagian depan. Apalagi kalo ASI esklusif, kalo dah lewat jamnya menyusui pasti kenceng dan otomatis merembes keluar.
  5. Cooler bag —– Tempat penyimpanan ASI perahan untuk ibu yang bekerja seharian, supaya ASI tetep bagus. Kecuali kalo di tempat kerja ada freezer sih ga perlu.
  6. Baby box —– Ini sih sebenernya relatif orang tuanya. Kalo mau anaknya tidur di kamar sendiri dari awal, kayanya penting ada baby box. Pakai ranjang biasa juga bisa tp takut ntar kalo babynya bisa guling2 ntar jatoh lagi. Kalo mau tidur bareng orang tuanya, bisa tidur bareng2 di ranjang ortunya (ga recommend sih soalnya sempit dan takut kegencet). Atau ayahnya yang kena gusur tidur di bawah :p Atau juga pake baby box, jadi tetep sekamar tp misah ranjang. Kalo berdasarkan pengalaman memang membantu banget baby box terutama kalo babynya dah bisa guling2 sendiri. Jadi ga khawatir jatuh.
  7. Matras busa
  8. Kelambu —– Ini penting banget ! Soalnya bayi kalo digigit nyamuk lama banget ilangnya! Dan merahnya bisa besar dan bengkak gitu. Untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk bisa pake minyak tawon, tp harus langsung dioleskan wkatu digigit nyamuk. Kalo sudah bengkak, tetep aja lama baru hilang bekasnya.
  9. Botol susu —– Tersedia berbagai merk. Ukuran dotnya juga macem2 tergantung usia si bayi.
  10. Sikat botol susu
  11. Stroller —– Lumayan ngebantu kalo mau jalan2. Biar bayinya bisa tidur di sana. Kitanya juga ga pegel gendongan dia melulu.
  12. Gendongan bayi —– Ini kalo buat ibu2 yang mau gendong bayinya ke mana2 dan males pake stroller. Kalo aku pribadi sih ga pake ini, karena ga dibiasain digendong, jadi ke mana2 taro di stroller, berat bo !
  13. Termos kecil buat bawa air anget
  14. Tempat kecil2 yang buar bawa susu formula untuk satu takeran

6 Responses to Pernak pernik Bayi baru Lahir

  1. suroi says:

    waduh lengkap banget ni
    bisa buat referensi buat hunting perlengkapan baby
    alhamd dah hamil 7 bln, besok mau lihat2 pernak pernik dulu
    thanks ya !

  2. ym77 says:

    Makasih kembali.
    Mudah2an berguna ya …

  3. yuli says:

    makaih y,,, saran-saran nya!! klu masah bedong untuk bayi,,,menurut aq, lebih baik kita jalan kan krn itu dapat membuat tubuh bayi menjadi bentuk yang baik. kan ga jauh beda manfaat nya seperti bantal untuk kepala bayi. jngan kta sama kan negara kita dengan negara luar,, mereka dari dulu sudah punya tehnik tersendiri untuk membuat bentuk tubuh bayi jadi bagus. ga seperti kita,,,suka ikut-ikutan. y,,,saran saya,,,Dokter itu harus kasih tau tehnik nya juga baru boleh melarang. kata mama saya, waktu saya bayi di bedong trus hingga berbulan-bulan lamanya. toh,,tubuh saya berkembang bagus dan baik. malah,teman-teman saya yg ga dibedong jalan nya ada yg ngengkang, leter O, dan bentuk nya ga sebagus anak-anak yg dibedong.

  4. lilis says:

    aq setuju sama yuli…apalagi kalo anak kita perempuan,soalnya anak pertamaku sendiri aq bedong sampai umur 4 bulan.dan sekarang dia tumbuh dengan bentuk badan dan kaki yang bagus..sekarang dia sudah berumur 5 tahun loh..(itu bukan cuman comment dari aq tapi dari tetangga sekitar rumah juga…)so kalo emang sudah terbukti gak bermasalah dengan membedong bayi..knp harus ada larangan??..semuanya tergantung dari ibunya sendiri lagikan…

  5. pakaian bayi says:

    saya suka artikelnya. keep up the good work. membantu bagi para orang tua diluar sana…

  6. dian says:

    Makasih tips nya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: