Bagaimana caranya memperkuat bonding antara Ibu dan Anak

Rangkuman dari pengalaman moms di mailing list ASI for Baby. Topik itu ngebahas working mom atau working at home mom yang bisa tetap dekat dengan anak2 mereka.

 

Untuk memperkuat bonding antara ibu dan anak :

  1. Tetap menyusui langsung sampai anak berusia 2 tahun. Karena menyusui  merupakan salah satu cara untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada anak
  2. Ciptakan quality time sama anak, maksudnya jangan hanya secara fisik aja ada di samping anak, tapi pikiran dan konsentrasi kita juga harus full sama si anak. Jadi jangan disambil sambil main PC, nonton TV atau apa. Anak tuh tau loh kalo pikiran kita ga sama dia. Masuk ke dunia anak2 dan maen sama mereka.
  3. Sering2 dekap, peluk, cium dan belai mereka dengan penuh kasih sayang sehingga mereka dapat merasakan cinta kita sebagai orang tuanya.
  4. Usahakan sebelon tidur malem kita yang diliatnya terakhir dan pas waktu bangun kita juga yang diliatnya pertama
  5. Ada mainan atau kegiatah yang hanya dilakukan dengan kita sebagai orang tuanya sehingga mereka menanti2kan saat bermain dengan kita.
  6. Waktu pulang kantor / istirahat or weekend, handle semua kebutuhan anak sendiri atau luangkan waktu sebanyak mungkin dengan anak, misalnya mandiin, nyuapin makan, dll. Pasti anak kan mau dong sekali2 mamanya yang mandiin dia ..
  7. Jangan terlalu memanjakan anak supaya mereka bisa mandiri dan tidak terlalu tergantung dengan orang sekitarnya. Kita sebagai orang tua tidak bisa selalu berada di sekitarnya. Dengan mandiri anak akan berkurang ketergantungannya pada orang lain.

 

Yang penting, selalu berpikiran positive dan luangkan sebanyak mungkin waktu dengan si kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: