Muntah + Mecret = Muntaber?

Mau cerita tentang pengalaman anak-anak sakit kemaren.

Yang pertama sakit tuh Joska, tiba2 selasa subuh muntah …tanpa ada tanda2 apa pun. Semalemnya malah masih maen di playground. Gak panas, gak rewel, gak apa2…

Subuh-subuh itu muntah 2x, trus pagi2 kelihatan dah sehat, tapi dikasih minum susu muntah, dikasih minum air muntah, trus gak lama kemudian mencret, dan mencretnya dah air. Sehari itu muntah bisa sampe 6 x, mencret 4x, langsung panic daan ngeliat anaknya lemes langsung siangnya bawa ke dokter.

Kata dokter sih positif muntaber …. Dikasih obat untuk anti muntah, obat pencernaan bakter baik lactacyd, sama obat muntaber dan oralit. Proses penyembuhannya memang agak lambat antara 3-7 hari,  Cuma yang perlu diwaspadai dehidrasi, harusnya setiap x muntah atau mencret harus masuk 100cc oralit, kalo lebih sedikit dari itu berarti dehidrasi. Kalo dah dehidrasi harus bawa ke RS untuk opname ,

Pulang ke rumah langsung rajin kasih oralite, dan untungnya dia mau walau harus diakalin sambil ntn tv. Pas besoknya masih belum ada perubahan, karena Joska minum obatnya susah … harus pake suntikan dimasukin ke mulut dan posisi tiduran. Tapi masalahnya masukin lactacyd itu yang susah, karena bentuknya serbuk dan kalau dilarutin ke air jadinya gempel dan lengket jadi makin susah dipaksain minum. Padahal sebenernya rasanya enak loh …Grace dan Hansel mah doyan.

Jadi makin khawatir nih, cirri-ciri dehidrasi dah ada semua, bibir kering, nangis gak ada air matanya, pipis jarang, Cuma masih bekeringat dan kulit masih elastis. Tapi lemes banget, bawaannya tiduran melulu meskin gak merem, tapi gak mau duduk. Kasian banget litany. Jadi agak bingung, karena kalau harus opname masih harus ngurusin Hansel juga nih ….. Kalau satu di rumah, satu di rumah sakit kan tambah puyeng …

Hari ketiga belon ada perubahan juga, tambah puyeng …trus tiba-tiba inget ada jelly gamat di rumah, dan jelly gamat itu kan mengandung anti bakteri, anti jamur, dan anti virus. Jadi bisa menghambat pertumbuhan bakteri Ecoli yang jadi penyebab penyakit muntaber. Terus juga kandungan proteinnya tinggi, bagus untuk perncernaan dan memperbaiki saluran perncernaan yang kurang baik seperti penderita muntaber. Juga kandungan mineralnya tinggi jadi bisa sebagai ganti oralit untuk mencegah dehidrasi. Ini gw search lagi brosur dan buku manualnya, karena dulu mmg gw jadi member dan sempet jualan juga. Tapi dah agak lama vacumm jadi lupa lagi :p yasud, coba aja deh karena toh gak ada efek sampingnya. Lagian ini masukinnya lebih gampang, karena bentuknya yang jelly. Dan si anak ternyata mau …. Gw kasih sehari 3x , sekalinya satu sendok the. Dan puji Tuhan besoknya lgs menunjukkan perubahan membaik.

Dah gak muntah lagi, tapi kok masih rewel, bisa tidur tapi maunya nenen melulu ……. Memang sih sejak dia muntah terus selalu gw kasih dikit2 aja nasi timnya, takut muntah lagi. Trus pas diajak ke dapur dia minta turun terus ambil mangkoknya sendiri …astaga lapar ya Nak ….. Jadi gw ambilin semangkok bubur dan langsung abis ….. Udah sembuh ya Nak …. Nafsu makan dah balik lagi, maminya sampe lupa kalo Joska tuh makannya banyak …..hahaha jadi laper melulu. ABis makan, trus dia tiduran dan bobo sendiri gak minta nenen lagi J

Hari ke 5 dah makin ceria, babnya dah mulai berampas meski masih mencret. Hari ke6 dah hamper pulih, aktif, nafsu makan dah biasa, gak muntah dan gak mencret lagi. Dan udah iseng lagi heheheh Praise the Lord.  Sedih banget kalo liat anak kecil lemes kaya gitu, kangen rasanya liat anak ceria lagi.

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: